};
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pemanfaatan Teknologi Mobile di Era Milenial

 
 
 
 
Teknologi Mobile menjadi salah satu teknologi yang saat ini paling banyak dimanfaatkan. Utamanya di era milenial saat ini, di mana teknologi menjadi kebutuhan penting bagi sebagian besar masyarakat Indonesia.

Teknologi ini pun digunakan di hampir semua aspek kehidupan, nah sebelum mengetahui apa saja manfaat dari teknologi mobile. Mari kita simak terlebih dahulu pengertiannya.
Pengertian Teknologi Mobile
Istilah ini sebenarnya digunakan pada berbagai macam tipe teknologi komunikasi selular dan telah berkembang begitu pesat pada beberapa tahun belakangan. Terutama pada saat mulai memasuki era milenial. Perangkat mobile telah melalui banyak perubahan.
Mulai dari pager 2 arah hingga telepon seluler dan menuju ke navigasi GPS, web browser hingga akhirnya menjadi client Instan Messenger. Lalu kini dikenal pula dengan video game genggam.

Evolusi Teknologi Telekomunikasi Bergerak: 1G to 4G
Teknologi komunikasi mengalami perkembangan yang cukup cepat, semenjak pemanfaatan teknologi VoIP atau Voice over Internet Protocol. Teknologi satelit pun kemudian hadir yang memungkinkan semua orang dapat berkomunikasi di mana saja dan kapan saja.
Sejak kemunculannya, teknologi mobile ini mengalami banyak perkembangan dan perubahan, mulai dari 1G hingga 5G.

1.) Generasi Pertama Telekomunikasi Bergerak (1G)  


Indonesia mulai mengoprasikan teknologi AMPS atau Advanced Mobile Phone System yang diprakarsai oleh PT. Komselindo. Termasuk ke dalam generasi pertama pada teknologi komunikasi, teknologi ini sendiri bekerja di band frekuensi 800 Mhz. Dengan memanfaatkan metode akses FDMA atau Frequency Division Multiple Access.
Karena menggunakan daya yang besar maka baterai yang dibutuhkan pun juga cukup besar.

2.) Generasi Kedua Telekomunikasi Bergerak (2G)

Yang membedakan 1G dengan 2G adalah penggunaan teknologinya, jika pada 1G menggunakan teknologi analog. Sementara pada 2G menggunakan teknologi digital, sehingga tidak hanya dapat digunakan untuk mengirimkan suara namun juga digunakan untuk mengirimkan data.

3.) Generasi kedua-setengah Telekomunikasi Bergerak (2.5G)  

Muncul generasi GPRS yang merupakan singkatan dari General Packet Data Radio Service yang memungkinkan pengguna bisa mengirimkan MMS atau Mobile Multimedia Message dari Telepon Seluler.
Penggunaan GPRS juga membuat penggunaan internet menjadi lebih fleksibel sebab bisa digunakan kapan saja dan di mana saja.

4.) Generasi ketiga Telekomunikasi Bergerak (3G)

Teknologi 3G berasal dari dua buah jalur teknologi mobile dan merupakan lanjutan dari teknologi GSM/GPRS/EDGE yang merupakan lanjutan dari CDMA (IS-95 atau CDMAOne). Contoh dari teknologi ini adalah video call.

5.) Generasi keempat Teknologi Telekomunikasi Bergerak (3.5G dan 4G) 

Generasi keempat ini diciptakan untuk meningkatkan kualitas jaringan dari IMT-2000 menjadi 10Mbps, 30Mbps hingga menjadi 100Mbps. Kecepatan ini diperoleh dengan memanfaatkan OFDM atau Orthogonal Frequency Division Multiplexing serta Multi Carrier
Teknologi ini sendiri merupakan penyempurnaan dari teknologi sebelumnya yakni 2G dan 3G.

Penamaan dari setiap generasi ini menggunakan perubahan dari sifat dasar layanan yang digunakan, atau mengacu pada band frekuensi baru yang diusungnya. Misalnya pada generasi pertama yang menggunakan transmisi analog 1G. Lalu beralih ke digital, 2G.
Untuk kemudian berubah menjadi 3G yang sudah didukung oleh multimedia beserta dengan kecepatan tranmisi yang dapat mencapai 200kbit/s.
Lalu teknologi 4G yang mengacu pada jaringan IP packed-switched.

Contoh Pemanfaatan Tenologi Mobile 
 
Beberapa contoh dari pemanfaatan teknologi mobile bisa dilihat dari m-banking, m-commerce hingga m-money dan muncul lagi kini m-learning, m-sales dan m-libraries. Semua itu merupakan contoh dari pemanfaatan teknologi mobile yang mampu menjangkau pengguna di Indonesia.
m-libraries sendiri merupakan salah satu teknologi baru yang sekarang tengah dikembangkan.
Paling tidak, di Indonesia terdapat sekitar 3 jenis platform teknologi mobile yang bisa digunakan untuk membangun m-libraries dalam penggunaannya. Yaitu dengan memanfaatkan mobile phones standar, lalu bisa juga dengan menggunakan mobile apps platform hingga menggunakan mobile web version.

Nah, itu dia pembahasan kali ini mengenai teknologi mobile yang pastinya sudah semakin ramah bagi kita. Bisa dibilang teknologi ini menjadi kebutuhan utama bagi seluruh orang dari semua kalangan.
Tidak peduli apakah mereka adalah seorang pekerja, karyawan hingga pelajar, semuanya membutuhkan teknologi ini dan memanfaatkannya untuk menunjang kegiatan mereka sehari-hari.
Jadi sekarang sudah tahu kan, apa itu teknologi mobile?


Loker Sukabumi
Loker Sukabumi Info Lowongan Kerja Kota Sukabumi dan sekitarnya untuk Lulusan SD, SMP, SMA, SMK, D3 dan S1. Kami Menyajikan Informasi Loker yang Valid dan Akurat serta Info Loker yang akan terus di-Update Setiap Hari.

Posting Komentar untuk " Pemanfaatan Teknologi Mobile di Era Milenial "